All About “Cireng”

Cireng ???

Makanan Cireng

Aku pertama kali tau tentang cireng ketika aku sering lewat di daerah kopma uny (tempat gadis2 lalu lalang menuju kampus uny, manis2 je). Ketika aku lewat aku sering lihat banyak cewek yang lagi jajan, dan ketika kulihat ternyata mereka pada beli cireng.

Kemudian suatu pagi ketika aku habis dari puskom uny ketemu sapto, aku beranikan diri untuk mencoba beli cireng. dan meskipun harus antri diantarai gadis2 aku akhirnya bisa beli cireng juga. dan untuk percobaan waktu itu aku cuman beli 1000 rupiah. ternyata dapat 5 buah alias satu buah harganya 200 perak. Setelah itu aku langsung bergegas menuju kekantor dan aku pun membagi-bagikan cireng yang cuman 5 buah itu kepada temen-temen kantor. dan ternyata reaksinya “luar biasa”. ternyata emang enak cireng itu. Setelah itu ketika aku datang telat untuk urusan ke puskom uny mesti temen-temen malah nitip cireng sama aku, dan meskipun harus ngantri brg cewek2 (meskipun sebenernya malu-malu mau) aku rela demi temen kantor. dan setelah sampai kantor aku pun bagikan cireng itu, langsung dech mereka berebut mengambil jatahnya masing-masing.

dan setelah aku telusuri di jogja ternyata cuma ada 2 yang jual cireng di jogja yaitu di uny dan usd. dikit juga ya. kemudian aku cari referensi di internet –> ternyata cireng itu asli bandung dan bventuknya tidka seperti yang biasa kami makan.

Definisi Cireng

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya.

Cara Membuat Cireng

Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Bahan:

  • 100 g tepung kanji
  • 1 sdm tepung terigu
  • 75 ml air
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 30 g kedelai putih, rendam hingga lunak, tiriskan
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • minyak goreng

Cara memasak:

  • Aduk tepung dengan air, merica, dan garam hingga rata.
  • Tambahkan bahan lainnya, aduk rata.
  • Goreng sesendok demi sesendok hingga kuning dan kering. Angkat dan tiriskan.

Sajikan

  • sajikan hangat dengan cabai rawit.
  • Untuk 10 buah

Sumber dari :

id.wikipedia.org

id.wikibooks.org

nanay.files.wordpress.com

Tentang ndelon

Aku orang biasa aja yang penuh dengan kekurangan, tetapi aku selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke All About “Cireng”

  1. vivi berkata:

    alah..padune..jane km yo seneng too..bs antri brg2 cewek2 ituu..
    pke alasan demi tmn2 kantor hahaha..
    suwun yo gung, default, if ke uny then beli cireng 5;

  2. Irwan VOIP 02 berkata:

    Cireng ato cimeng..???? trus apa bedanya dengan genjex…??

  3. ndelon berkata:

    cimeng kan kesukaanmui toh wan.

  4. chantee berkata:

    wah…naknan…aqu suka banget tu beli cireng gung….tp blm pernah yg di uny ..aqu biasa beli di atmajaya..ga pake bumbu kacang tu gung…tapi rasanya yummy tenan gung…coba dech gung…..naknan…

  5. niez berkata:

    ummm satu porsi brp pak?
    bs d’jelaskan lebih detil ?

  6. ghea berkata:

    cirenggg emang yumy enak meskipun kita mesti hati2 memakannya tar keselek lagiii.. luv cireng luv cilok.. hidup bandung

  7. iim berkata:

    nah aku baru aja coba cireng isi di depan Giant Citra 2 , ada 8 macam isinya, keju, ayam, sapi, kornet, sosis, oncom, baso sapi, kacang, harganya tuh sama deh ama yang cireng kraton, tapi kalo dibandingin sih rasanya jauh lebih enak…..emang sih harganya tandingan cireng kraton…..abis datangnya dari bandung pake ongkos kaleee..hehehehe

  8. andimprastyo berkata:

    matur nuhun, resepny…..????

  9. dira berkata:

    kayanya gambarnya salah deh, prasaan itumah batagor bukan cireng.. hati2 donk pilih gambar, buat tmn2 yg g tau bs salah beli tuh, plus malu klo nanya

  10. hary berkata:

    gung divariasi dikit geh cirengnya,ada rasa ayam pedas,sapi pedas,sosis,keju,ati,kykynya lbih menarik bentuk cirengnya beragam,ada bntuk bintang,dsb,,tuk tambahan bumbu kacangnya,boleh jg tuh,,lbih mak NYUUS..

  11. abul halik berkata:

    enak kesukaaku

  12. http://bing.com berkata:

    “All About Cireng Blog nya ndelon \Agung Andriyanto\” was a really great article,
    . I hope you keep composing and I will keep reading!
    Thanks for your time ,Consuelo

  13. Jeffery berkata:

    It is the best time to make a few plans for the long
    run and it is time to be happy. I have read this
    put up and if I could I wish to counsel you few fascinating things or tips.
    Perhaps you could write subsequent articles relating to this article.
    I wish to learn even more issues approximately it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s