Tips Mengatasi dan Mencegah Flu

Dalam musim yang ga jelas seperti saat ini, kita sangan mudah untuk terkena berbagai macam penyakit ringan seperti flu.
Karena belum diketahui obat mujarab untuk mengobati flu, pencegahan terhadap penyakit ini menjadi satu-satunya tujuan. Pendekatan secara proaktif mencegah gejala flu merupakan pilihan untuk membuat hidup lebih sehat. Berikut 12 cara alami mencegah flu yang dapat anda lakukan sehari-hari:

Mencuci tangan
sebagain besar virus flu disebarkan melalui kontak langsung. Seseorang yang menutup bersin dengan tangan dan kemudian memegang telepon, keyboard atau gelas akan mudah menyebarkan virus ke orang lain. Virus ini dapat hidup selama berjam-jam karena itu cucilah tangan sesering mungkin atau dengan menggunakan pencuci tangan instant yang saat ini banyak ditawarkan di pasaran.

Jangan menutup bersin atau batuk dengan tangan
Karena bakteri dan virus dapat menempel di tangan, menutup batuk atau bersin dengan tangan memungkinkan penyebaran virus kepada orang lain. Sebaiknya ketika bersingatau batuk datang, pakailah tisu kemudian buang ke tempat sampah segera. Jika tidak ada tisu, berpalinglah dari orang yang dekat anda ketika anda bersin atau batuk.

Jangan menyentuh muka
virus flu masuk tubuh melalui mata, hidung atau mulut. Menyentuh muka adalah cara paling umum anak-anak terkena flu dan juga menjadi cara penyebaran ke orang tuannya.

Minum banyak cairan
Air berfungsi membersihkan sistem dari racun. Orang dewasa disarankan minum sedikitnya 8 gelas per hari. Cara mudah apakah anda mendapatkan cukup suplai air adalah dengan memperhatikan urine dimana bila cukup minum urine hampir mendekati bersih sebaliknya bila berwarna kuning pertanda anda membutuhkan lebih banyak cairan.

Berendam dalam air panas atau suana
Para peneliti tidak menjelaskan peran sebenarnya sauna dalam mencegah flu. Tapi sebuah penelitian tahun 1989 di Jerman menemukan orang yang disauna dua kali setiap minggu kecil kemungkinan terkena flu dibanding mereka yang tidak. Secara teori ketika anda sauna dan anda menghirup udara lebih panas dibanding 80 derajat, sebuah temperatur yang terlalu panas bagi virus flu untuk bisa bertahan hidup.

Menghidup udara segar
Menghidup udara segar secara teratur penting terutama ketika dalam cuaca dingin ketika penghangat udara membuat tubuh sangat rentan terhadap virus flu. Selain itu, selama cuaca dingin lebih banyak orang tinggal di dalam rumah yang berarti lebih banyak virus berkeliaran di ruangan yang kering.

Lakukan senam aerobik secara teratur
Aerobik mempercepat jantung memompa darah sehingga membuat anda bernapas lebih cepat untuk membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke darah. Aerobik membantu meningkatkan kekebalan alami untuk membunuh virus secara alami.

Banyak makan makanan mengandung phtochemical
“Phyto” berarti tumbuhan. Bahan kimia alami dalam tumbuhan memberikan tumbuhan banyak vitamin karena itu banyaklah makan sayuran dan buah-buahan berwarna hijau, merah dan kuning.

Minum yogurt
Beberapa penelitian menunjukan minum satu cangkir yogurt rendah lemak dapat mengurangi peluang terkena flu hingga 25%. Para peneliti berpendapat bakteri menguntungan yang terdapat dalam yogurt dapat menstimulus produksi sistem kekebalan untuk menyerang penyakit.

Jangan merokok
Statistik menunjukan perokok berat lebih rentan dan lebih sering mengidap flu. Merokok dapat menyebabkan bagian sistem pernapasan kering sehingga virus flu dapat dengan mudah masuk.

Kurangi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak hati sebagai sistem penyaring tubuh yang paling utama. Karena itu semakin berat konsumsi alkohol semakin rentan terkena infeksi dan juga komplikasi. Alkohol dapat mendehidrasi tubuh dan menyerap lebih banyak cairan dari sistem.

Relaks
Cobalah anda membiasakan relaks agar anda dapat mengaktifkan sistem kekebalan. Ada bukti kalau relaks akan membantu sistem kekebalan merespon terhadap virus flu. Cobalahg melatih relaksasi sendiri dengan membayangkan anda menemukan kesenangan atau ketenangan. Lakukan ini 30 menit setiap hari selama beberapa bulan. Ingat, relaksasi adalah suatu keadaan yang bisa di pelajari. Orang yang mencoba relaks menujukan tidak ada perubahan dalam kimiawi darah.

Tentang ndelon

Aku orang biasa aja yang penuh dengan kekurangan, tetapi aku selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s